Cara Mengetahui Kecepatan Internet dengan CMD

Cara Mengetahui Kecepatan Internet dengan CMD

Diposting pada

Cara Mengetahui Kecepatan Internet dengan CMD – Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan teknologi internet, benar kan? Teknologi yang sudah menjadi kebutuhan pokok ini, kemajuannya memang sangat pesat. Adanya internet bisa memudahkan banyak hal. Mulai dari mencari informasi, membeli barang, hingga terhubung secara sosial.

Namun sayangnya, ada saja kendala yang membuat internet tidak lancar dan mempengaruhi kecepatannya. Akibatnya proses loading yang lama bisa terus terjadi. Kalau sudah seperti itu sih pastinya akan sangat mengganggu sekali. Sehingga akan lebih baik kalau kamu bisa memeriksa kecepatannya menggunakan CMD.

Apa itu CMD dan bagaimana cara mengetahui kecepatan internet dengan CMD? Berikut pembahasan lebih lanjutnya.

Pengertian CMD

Sebagian dari pembaca pasti ada yang belum mengetahui sebenarnya apa sih CMD? Jadi, CMD merupakan singkatan dari Command Prompt. Istilah yang digunakan untuk sistem perintah DOS yang nantinya akan disampaikan dalam bentuk text. Bila kamu saat ini sedang menggunakan komputer maka tidak lain itu adalah karena bantuan CMD.

Ada beberapa fungsi CMD, salah satunya adalah untuk mengetahui bagaimana kecepatan koneksi internet. Kamu bisa menganalisa kondisi jaringan melalui sebuah situs, atau istilahnya PING. Dengan melakukan PING, kamu bisa melihat bagaimana respon sebuah situs pada komputer yang sedang digunakan.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet dengan CMD

Melihat Kecepatan Jaringan LAN dengan CMD
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengetahuinya, kamu bisa sekalian coba mempraktekannya ya.

Tekan tombol windows dan R secara bersamaan

Langkah pertama, kamu bisa menekan tombol windows pada keyboard bersamaan dengan huruf R. Bila sudah, nanti akan muncul seperti pada gambar. Di bagian open, kamu bisa menuliskan CMD, lalu klik ok.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet dengan CMD

Memasukan kode pemanggil

Bila kamu sudah mengklik ok atau enter, maka secara otomatis akan muncul tampilan layar seperti ini. Setelah itu cobalah masukan koder pemanggil ping 8.8.8.8 -t -l 1000, kamu bisa melihat cara penulisan pada layar yang ada pada gambar.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet dengan CMD

Klik Enter

Setelah mengetik kode pemanggil, kamu bisa mengklik enter. Lalu, akan muncul output perintah atau pemanggil yang sudah kamu ketik sebelumnya.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet dengan CMD

Kamu pasti bingung kan, apa maksud dari output tersebut?

Jadi, pertinta yang kamu masukan artinya kamu mengirimkan sebuah ping ke 8.8.8.8 yang mana angka tersebut adalah DNS milik google. Sementara untuk tanda -t merupakan proses lanjutan dari ping hingga secara manual akan diberhentikan oleh CMD. Lalu tanda -l merupakan besar paket data yang dikirim dalam proses ping tersebut.

Hasil output juga memperlihatkan sebuah tulisan “time”, tentu saja ini memiliki arti ya. Bila semakin kecil maka kecepatan internet pun makin cepat. Kalau sebaiknya yaitu nilai semakin besar maka kecepatan internet pun melambat. Sementara bila output yang keluar adalah tulisan “request time out/RTO” maka artinya koneksi terputus.

Bagaimana, sudah kamu coba? Apakah berhasil? Sejauh ini apakah kamu juga sudah bisa memahami arti dari kode tersebut? Ternyata tidak sulit kan mengecek jaringan menggunakan CMD sendiri. Kamu tidak memerlukan ahli IT, tinggal mengikuti langkah-langkah di atas saja.

Namun bila ternyata koneksi terputus dan kamu tidak tau apa yang menjadi penyebabnya, sebaiknya sih kamu memastikan kembali, apa penyebab internet putus dan melambat.

Baca juga : 2 Cara Penulisan Kutipan dari Internet yang Benar

Penyebab Koneksi Internet Melambat Hingga Putus

Ada beberapa penyebab mengapa kecepatan internet bisa melambat bahkan sampai putus atau tidak ada sama sekali.

Belum Membayar Tagihan

Penyebab pertama, bisa saja karena kamu belum membayar tagihan sehingga pihak penyedia layanan internet memutuskan sambungan. Pada umumnya sih, sebelum tanggal jatuh tempo biasanya kita akan diberikan informasi. Entah melalui telepon atau surel. Pemberitahuan pun tidak mendadak. Nah, akan lebih baik bila kamu sudah mendapatkan info tanggal jatuh tempo, segeralah membayarnya. Kalau tiba-tiba internet diputus kan artinya kesalahan ada di kamu sendiri.

Masalah di Layanan Penyedia Internet

Merasa tidak terlambat membayar tagihan? Bisa jadi penyebabnya karena layanan penyedia internet yang memang sedang ada masalah. Beberapa layanan biasanya kerap mengalami gangguan Ketika hujan besar. Akibatnya koneksi internet menjadi terhambat. Atau barangkali pihak layanan sedang ada maintenance? Untuk lebih memastikannya, cobalah menghubungi pihak layanan penyedia internet yang kamu gunakan ya.

Salah Menempatkan Router

Tidak menempatkan router wifi pada posisi yang pas malah akan mempengaruhi koneksi internet loh. Jangan menyimpan router wifi di antara tembok beton yang memang tertutup. Itu malah akan menghalangi jaringan internet. Posisikan di tempat yang lebih tinggi dan dekat dengan posisi mu.

Pengguna Internet Terlalu Banyak

Apakah kamu menggunakan sinyal wifi? Bila iya, berapa banyak orang menggunakan wifi yang sama dengan mu? Biasanya semakin banyak pengguna malah akan berpengaruh pada koneksi internet kamu. Bahkan saat kamu menggunakan paket data sendiri dari handphone lalu kamu melakukan tethering ke pengguna smartphone lain, itu bisa berpengaruh pada koneksi.

Baca juga : 3 Cara Memperbaharui Internet Explorer Lengkap

Fungsi CMD

Selain bisa mengetahui jaringan internet, dengan CMD kamu juga bisa mengecek bagaimana sih status aktivasi windows di komputer atau laptop. Untuk langkah awalnya masih sama. Yaitu dengan menekan tombol windows dan huruf R pada keyboard, kemudian mengetik kata SLMGR / DLV, lalu enter. Setelah itu otomatis pada layar kamu akan keluar informasi mengenai windows yang digunakan. Serta status aktivasi windowsnya.

Atau bila kamu ingin mengecek kondisi hardisk, CMD bisa menjadi salah satu caranya. Bila Command Prompt sudah muncul di layar, kamu tinggal mengetik kata CHKDSK. Bagi kamu yang menggunakan os XP atau Vista, jangan kaget ya kalau layar tiba-tiba blank. Setelah itu akan muncul persentase progress cek hardisk dari CMD.

Terakhir, CMD juga bisa kamu pakai untuk melihat history wifi yang sudah pernah terhubung pada komputer kamu. Caranya, masuklah ke dalam Command Promt. klik start, selanjutnya klik accessories, terakhir klik kanan pada bagian CMD. Lalu open As administrator. Akan lebih mudah menggunakan shortcut windows dan huruf R. Bila CMD sudah terbuka, kamu bisa mengetik NETSH WLAN SHOW PROFILES. Nantinya secara otomatis akan keluar daftar nama jaringan wifi yang pernah terhubung.

CMD memang bisa difungsikan untuk banyak hal, khususnya yang berkaitan dengan komputer yang kamu gunakan. Wajar, bila Sebagian orang masih ada yang belum mengetahui tentang CMD. Tapi dengan pembahasan dalam artikel ini, setidaknya wawasan tentang dunia perkomputeran bertambah. Kalau kamu sudah tahu fungsinya, tinggal bagaimana kamu menggunakannya saja.

Nah, kembali lagi pada pembahasan cara mengetahui kecepatan internet dengan CMD, kamu sudah bisa melakukannya sendiri kan? Dengan cepat kamu bisa tahu bagaimana kondisi jaringan apakah sedang melemah atau memang terputus. Di atas sudah dijelaskan dengan detail mengenai langkah-langkahnya, tinggal kamu ikuti saja. Yuk coba!

Gambar Gravatar
Mabtekno.com adalah website yang membagikan informasi seputar teknologi yang kekinian. Mencakup seluruh informasi tentang Android, Tutorial, Tips Trik, Internet, Aplikasi, Sosial Media dan semua informasi-informasi tentang Teknologi.