Cara Akses IP Lokal dari Internet

Cara Akses IP Lokal dari Internet Mudah

Diposting pada

Cara Akses IP Lokal dari Internet – Cara akses IP lokal dari internet sebenarnya sedang gencar dicari oleh banyak orang. Pasalnya, jika Anda memiliki server di rumah atau di kantor, maka Anda bisa mengaksesnya dari luar menggunakan jaringan internet dari mana saja dan kapan saja.

Cara Akses IP Lokal dari Internet

Server yang dimaksud bisa berupa server website, CCTV, printer atau bahkan komputer/PC yang akan Anda akses service port-nya melalui jaringan internet yang tersedia. Anda pun tidak memerlukan peralatan khusus atau pengaturan yang ribet. Anda hanya memerlukan beberapa hal pendukung, seperti IP Public dari ISP, layanan DDNS seperti, ip-dynamic.com milik Indihome, atau router dengan fitur Port Forwarding.

Apabila Anda belum pernah melakukan teknik ini, maka sebaiknya pahami dulu beberapa hal penting di bawah ini agar Anda tahu dan mengerti konsep di balik teknik cara akses IP lokal dari internet tersebut.

Pengertian server lokal

Server lokal merupakan komputer yang telah dikonfigurasi sedemikian rupa agar resource-nya bisa dimanfaatkan oleh komputer lain untuk melakukan suatu pekerjaan. Resource yang di-share bisa berupa file storage aplikasi device seperti, kamera, printer, scanner, dan lain sebagainya yang bisa digunakan oleh komputer dalam jaringan tersebut.

Tanpa adanya konfigurasi dan pemberian IP Public/NAT pada server lokal, maka secara sistem default yang tersedia, server hanya bisa diakses oleh jaringan lokal saja. Bahkan, server tersebut tidak bisa diakses menggunakan jaringan internet yang tersedia.

IP Lokal Public adalah syarat untuk bisa terhubung dengan internet

Perlu Anda ketahui, komputer ataupun router harus memiliki IP Public sebagai salah satu syarat agar bisa terhubung dengan internet. IP Public inilah yang akan digunakan oleh komputer sebagai media komunikasi dengan komputer lain dalam suatu jaringan global.

Melalui fitur NAT, satu IP Public yang terpasang pada router bisa digunakan oleh banyak komputer dengan IP Private di belakang router untuk memungkinkan dilakukannya akses internet.

Pada kasus ini, komputer dengan IP Private yang mendapat sharing internet dari router dengan IP Public dan memanfaatkan fitur NAT hanya bisa mengakses internet. Selain itu, komputer tersebut tidak bisa diakses secara langsung dari internet, karena berada di belakang perangkat NAT, seperti router.

Pentingnya Akses IP Public dari ISP untuk mengakses server lokal

Salah satu syarat mutlak agar server lokal yang Anda kelola bisa diakses dari internet adalah Anda harus memegang kendali IP Public yang diberikan oleh ISP (Internet Service Provider atau perusahaan tempat Anda berlangganan internet).

Namun, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah tidak semua ISP memberikan IP Public kepada tiap-tiap pelanggannya. Umumnya, para pelanggan hanya diberikan IP Private dan menggunakan Share IP Public yang dilengkapi fitur NAT.

Berbeda halnya jika Anda menggunakan layanan internet dari Speedy. Sebab, perusahaan satu ini memberikan Dynamic IP Public pada semua pelanggannya.

Baca juga : 2 Cara Cek Ping Internet di PC maupun di Ponsel Lengkap

Cara mengetahui IP Public yang sedang digunakan

Apabila Anda ingin memastikan apakah Anda mendapat jatah IP Public khusus dari ISP, maka cara yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Buka website http://www.cmyip.org melalui browser, kemudian lihat IP Public yang tertera.
  • Login modem atau router internet yang Anda miliki, kemudian cek IP WAN yang terpasang pada modem atau router tersebut. Apabila IP yang tertera pada modem dan website tersebut sama, maka itu artinya Anda mendapatkan jatah IP Public dari ISP.

Cara menggunakan IP Public untuk server

Salah satu syarat mutlak agar server lokal Anda online dan bisa diakses melalui internet adalah adanya IP Public. Diketahui, ada dua cara menggunakan IP Public untuk server lokal tersebut, di antaranya :

IP Public yang dipasang langsung pada server

Apabila Anda memasang langsung IP Public pada server lokal yang dikelola, maka penggunaan IP bisa jadi lebih boros. Jika Anda hanya memiliki satu IP Public, maka Anda tidak bisa menggunakannya untuk keperluan lain, misalnya memberi akses internet pada komputer lain.

IP Public dipasang pada router atau NAT

Cara kedua adalah IP Public dipasang pada perangkat modem yang di dalamnya sudah termasuk router atau pada standalone router, misalnya mikrotik. Router inilah yang akan digunakan untuk mengatur jaringan sharing internet dan juga port forwarding yang memungkinkan server lokal Anda bisa diakses dari internet.

Perlu Anda ketahui, penggunaan router, DNS server, dan juga virtual host bisa memberikan pilihan yang fleksibel sekaligus menghemat penggunaan IP Public.

Pentingnya DDNS untuk mengatasi IP Dynamic

DNS atau Domain Name Service merupakan server yang bertugas untuk menerjemahkan domain name sebagai bentuk informasi yang mudah dihafal ke dalam bentuk IP saat Anda mengakses internet.

Dynamic DNS ini akan melakukan update NS record pada DNS server secara berkala sesuai dengan IP Public yang Anda dapatkan. Dengan demikian, ketika IP berubah maka Anda tetap bisa mengakses server tersebut menggunakan domain yang telah dipilih sebelumnya.

Daripada harus menghafalkan IP server berbentuk angka, Dynamic DNS justru bisa memberikan solusi berupa domain untuk server lokal Anda melalui Dynamic DNS Service. Dengan adanya Dynamic DNS tersebut sebagai pengganti IP, maka Anda bisa menggunakan domain untuk sekadar mengakses server lokal yang dimaksud.

Port forwarding sebagai cara akses IP lokal dari internet

Anda pun bisa mengakses server lokal menggunakan internet yang tersedia dengan cara memanfaatkan fasilitas port forwarding/NAT. Pada dasarnya, port forwarding melakukan forward port yang dituju oleh client. Sistem forward tersebut dialamatkan ke IP Public internet yang Anda gunakan supaya diteruskan menuju IP dan port dari server lokal Anda.

Faktanya, setiap aplikasi yang berperan sebagai server memiliki port tersendiri. Jadi, apabila server lokal Anda memiliki beberapa aplikasi server, seperti halnya server SMB, SSH web dan lain sebagainya, maka Anda harus mendefinisikan forward rule untuk setiap layanan tersebut agar bisa diakses melalui internet.

Percobaan mengakses server lokal dari internet

Apabila semua langkah di atas telah Anda lakukan sepenuhnya, maka segera lakukan ping ke domain Dynamic DNS yang Anda gunakan. Apabila resolve dan IP yang tertera ketika melakukan ping tersebut dengan IP yang terpasang pada modem/router, maka pengaturan Dynamic DNS yang Anda lakukan berhasil.

Untuk mengecek layanan dari server lokal yang telah Anda forward menggunakan port forwarding, Anda bisa mencobanya dari luar jaringan server lokal yang tersedia. Gunakan saja proxy atau web proxy jika layanan yang Anda forward bisa diakses menggunakan web browser.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan internet dari modem seluler yang dimiliki. Namun, Anda tidak boleh mengaksesnya dari dalam jaringan itu sendiri karena sudah pasti akan mengalami kegagalan sistem, kecuali Anda telah menentukan listening interface dan rule khusus pada router.

Demikian penjelasan dan cara akses IP lokal dari internet yang bisa Anda coba terapkan. Semoga membantu, ya!

Gambar Gravatar
Mabtekno.com adalah website yang membagikan informasi seputar teknologi yang kekinian. Mencakup seluruh informasi tentang Android, Tutorial, Tips Trik, Internet, Aplikasi, Sosial Media dan semua informasi-informasi tentang Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *