Cara Membuat Footnote Dari Internet

Ini Panduan Cara Membuat Footnote dari Internet

Diposting pada

Mungkin banyak orang yang penasaran tentang cara membuat footnote dari internet. Bagi yang sering membaca atau membuat karya ilmiah, Anda tentu pernah melihat adanya tulisan kecil terletak di bagian bawah halaman. Nah, tulisan ini biasanya berukuran lebih kecil daripada ukuran tulisan atau huruf yang terdapat pada halaman tersebut. Inilah tulisan yang sering disebut juga sebagai footnote, yakni catatan kaki.

Dalam pembuatan sebuah karya ilmiah, sudah pasti harus mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan. Dengan kata lain, karya ilmiah tak bisa dibuat asal-asalan tanpa memperhatikan ketentuan atau aturan yang berlaku. Karya ilmiah berupa jurnal internasional umumnya mempunyai footnote. Selain itu, tiap-tiap bagian pada karya ilmiah mempunyai ketentuan tersendiri pada penulisannya. Seperti halnya saat menuliskan footnote. Selain itu, Anda juga harus mengetahui tata cara membuat footnote dari internet, karena biasanya memiliki ketentuan sendiri.

Apa Itu Footnote (Catatan Kaki)?

Cara Membuat Footnote Dari Internet

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara membuat footnote dari internet, mari kita ulas pengertian footnote terlebih dahulu. Definisi dari footnote (catatan kaki) adalah teks karangan pada sebelah kiri halaman. Fungsi dari footnote itu sendiri ialah sebagai sumber yang berdasarkan pada pemenuhan kode. Di samping itu, dengan menyimpan catatan kaki pada sebuah karya ilmiah juga bisa menjadi bukti bahwa kita menghargai hasil karya yang telah dibuat orang lain.

Adapun fungsi lain pembuatan footnote yang begitu penting, diantaranya :

  • Footnote biasanya dipakai untuk menunjang keabsahan atau keaslian pernyataan yang telah dibuat penulis.
  • footnote juga dapat dijadikan sebagai sumber, oleh karenanya pembaca dapat memperoleh informasi yang benar-benar valid mengenai sumber tersebut.
  • Footnote bisa menjadi tempat untuk memperluas pembahasan penulis.
  • Fungsi lain footnote juga dapat menjadi referensi silang. Dimana referensi silang ini ialah suatu petunjuk yang menyatakan pada halaman berapa atau bagian mana topic serupa yang menjadi pembahasan pada tulisan.
  • Melalui footnote ini, maka para pembaca dapat memperoleh informasi lebih lengkap apabila ingin mengetahui penjelasan atau penjabaran sebuah istilah, teori, pernyataan, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Footnote yang Perlu Diketahui

Dalam cara membuat footnote dari internet, ada beberapa jenis footnote yang harus Anda ketahui. Pada umumnya, ada 2 macam footnote yang kerap digunakan pada penulisan karya ilmiah. Adapun untuk mengetahuinya, Anda bisa lihat penjelasan berikut ini :

  1. Footnote (catatan kaki) lengkap merupakan sebuah note yang dicatat dengan mencantumkan : judul buku, nama, nomor seri (opsional jika ada), jumlah jilid (opsional), nomor cetakan,  nama penerbit, tahun terbit, dan nomor halaman.
  2. Footnote (catatan kaki) singkat adalah sejenis footnote yang terbagi ke dalam 3 jenis, diantaranya :
  • Lop.cit merupakan kependekan dari loco citato, artinya tempat yang telah dikutip. Seperti terletak di bagian atas pada halaman berbeda. Adapun urutannya ialah nama pengarang loc.cit( tidak perlu diikuti dengan nomor halaman).
  • Ibid adalah singkatan dari Ibidium, artinya sama seperti di atas. Adapun fungsinya yaitu untuk menunjukkan jika catatan kaki tersebut mempunyai kesamaan sumber seperti catatan kaki yang ada di atasnya. Adapun cara penulisannya biasanya diawali oleh huruf capital, kemudian digarisbawahi dan diikuti koma dan titik. Setelah itu, baru diikuti nomor halaman.
  • Op.cit ialah singkatan dari opera citato, artinya yang telah dikutip dalam karya. Footnote ini digunakan untuk menampilkan sumber yang sudah pernah dikutip. Namun footnote tersebut sebelumnya sudah disisipi footnote dari sumber lainnya. Untuk urutannya adalah nama pengarang, op.cit lalu diikuti nomor halaman.

Baca juga : 2 Cara Cek Speed Internet, Pengertian Dan Istilah Penting

Ketentuan dan Teknis Menulis Catatan Kaki dari Internet

Sebelum memulai menyertakan footnote pada karya ilmiah Anda, maka penting sekali untuk memperhatikan bagaimana ketentuan cara membuat footnote dari internet dan teknis penulisan catatan kaki yang benar. Maka dari itu, silahkan simak informasi berikut ini :

  • Footnote yang dibuat harus dipisahkan menggunakan jarak sebanyak 3 spasi dari letak naskah halaman.
  • Antar catatan kaki harus dipisahkan menggunakan spasi berjarak 1.
  • Apabila catatan kaki berjumlah 2, maka harus Anda ketikkan berjarak 1 spasi.
  • Footnote harus diketik dalam posisi sejajar marjin.
  • Apabila ada catatan kaki yang bersumber dari sebuah karangan ilmiah formal, maka wajib ditulis dengan cara menyertakan nomor urut. Dengan penulisan yang dimulai dari nomor 1 pada catatan kaki pertama yang diletakkan di awal bab. Lalu dilanjutkan ke catatan kaki pada bab selanjutnya hingga bab terakhir. Apabila terdapat laporan yang dicatat tanpa memakai bab, maka footnote pun harus ditulis pada bagian akhir karangan.
  • Penulisan catatan kaki ukurannya harus dibuat lebih kecil daripada teks yang terdapat pada halaman.
  • Nama pengarang karya ilmiah yang dijadikan footnote atau catatan kaki ditulis berdasarkan urutan pada nama aslinya. Sedangkan gelar atau pangkat seperti Dr., Prof., Ir. Tidak usah dicantumkan.

Informasi penting lainnya yang harus diketahui dalam cara membuat footnote di internet ialah footnote dapat diletakkan di beberapa tempat dalam 1 karya ilmiah. Anda biasanya akan menjumpai 3 tempat yang biasa dijadikan letak footnote. Dimana ketiga tempat ini adalah di halaman uraian, pada akhir karangan hingga akhir bab.

  • Untuk uraian dan footnote yang terletak di satu halaman, yang bagian  bawahnya dipakai untuk kebutuhan pembuatan skripsi, disertasi, tesis, dan karangan ilmiah bersifat formal.
  • Sedangkan untuk catatan kaki yang terletak pada akhir bab umumnya dipakai untuk kebutuhan karangan populer.
  • Lalu untuk catatan kaki yang terletak pada akhir karangan biasanya akan dipakai untuk karangan berupa jurnal, artikel, esai, surat kabar atau laporan yang tanpa memakai bab. 

Panduan Cara Membuat Footnote dari Internet

Menulis Nama Penulis atau Pengarang 

Cara membuat footnote dari internet yang satu ini termasuk yang sering dilakukan dalam membuat footnote. Selain catatan kaki, sebenarnya dalam tata cara pembuatan daftar pustaka juga nama penulis harus ditulis lebih dahulu. Sedangkan penulisan nama dalam footnote dari internet biasanya dilakukan dengan cara mencatat nama depannya lebih dahulu, lalu diikuti nama belakangnya.

Penulisan Judul Tulisan yang Dikutip

Panduan berkutnya yang harus dilakukan dalam cara membuat footnote dari internet ialah membuat judul tulisan tertentu yang akan dikutip. Penulisan judul dalam footnote di internet sebenarnya tidak ditulis menggunakan huruf miring, tetapi menggunakan huruf biasa disertai tanda petik dua (“ “). Contohnya : “Masihkah Ada Harapan Vaksin Covid 19?”

Menuliskan Alamat Blog atau Situs Tertentu yang Dikutip

Sesudah nama penulis dan judul ditulis, berikutnya yang harus Anda lakukan ialah menuliskan alamat blog atau situs yang tulisannya Anda kutip. Dimana alamat blog atau situs tersebut dapat ditulis sendiri maupun disalin dan ditempel langsung dari lamannya.

Menuliskan Waktu Web Tersebut Diakses

Hal yang tak kalah penting dalam cara membuat footnote dari internet lainnya ialah penulisan waktu saat situs maupun web tersebut diakses. Adapun cara penulisannya yaitu dengan mencatat “diakses pada” lalu diikuti dengan tanggal diaksesnya situs tersebut, beserta waktu dari web tersebut diakses. Dimana semuanya dicatat dalam satu kali anda kurung. Seperti : (Diakses pada 25 Agustus 2020, pukul 12:55).

Nah, itulah ulasan tentang tata cara membuat footnote dari internet yang bisa Anda ikuti saat membuat karya ilmiah. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Mabtekno.com adalah website yang membagikan informasi seputar teknologi yang kekinian. Mencakup seluruh informasi tentang Android, Tutorial, Tips Trik, Internet, Aplikasi, Sosial Media dan semua informasi-informasi tentang Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *