Cara membuat internet banking mandiri

Panduan Cara Membuat Internet Banking BRI Mudah

Diposting pada

Bagaimana cara membuat internet banking BRI? Layanan internet banking merupakan salah satu fitur yang turut diberikan bank BRI untuk kemudahan bertransaksi nasabah, kapanpun dan dimanapun. Jadi Anda pun tak perlu harus menunggu antrian panjang di ATM ataupun di kantor cabang bank BRI karena transaksi perbankan dapat diakses melalui laptop atau smartphone Anda.

Ada beberapa layanan perbankan yang dapat diakses lewat internet banking BRI, diantaranya melakukan pembayaran, cek saldo, cek mutasi rekening, isi saldo, hingga transfer sesama Bank BRI dan antar bank lainnya bisa dilakukan 24 jam/7 hari. Untuk dapat menikmati fitur internet banking BRI, maka Anda harus melakukan pendaftaran dan mengaktivasi layanan tersebut lebih dahulu.

Persyaratan Cara Membuat Internet Banking BRI

Sebelum Anda mengikuti tutorial cara membuat internet banking BRI, tentu harus mengetahui apa saja persyaratan dalam membuat internet banking BRI? Berikut ulasannya :

  1. Persiapkan buku rekening bank BRI Anda.
  2. Siapkan pula kartu identitas diri, berupa KTP/SIM/Paspor.
  3. Persiapkan akun email aktif yang Anda miliki untuk verifikasi.
  4. Gunakan nomor Hp yang sudah bekerja sama dengan layanan IB BRI, diantaranya Indosat, XL, dan Telkomsel.

Seluruh persyaratan yang sudah dipenuhi tersebut wajib dibawa serta untuk mendaftar layanan IB BRI di kantor BRI terdekat. Persyaratan di atas berlaku jika ada  nasabah BRI yang ingin mengaktivasi akun IB BRI ke kantor cabang BRI langsung.

Cara Membuat Internet Banking BRI

Cara membuat internet banking bri

Proses pendaftaran dan pembuatan IB BRI dapat dilakukan dengan cara mudah. Di sini Kami akan membahas 2 cara pendaftaran IB BRI, yaitu dengan mengunjungi kantor cabang bank BRI dan melalui mesin ATM BRI. Adapun cara membuat internet banking BRI ialah sebagai berikut :

Registrasi IB BRI di Kantor Cabang

Untuk mendaftar IB BRI langsung di Bank BRI terdekat, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi di bawah ini :

  • Menyertakan buku tabungan bank BRI (BritAma Junoi, Simpedes, atau BritAma) yang mempunyai kartu ATM bank BRI berstatus aktif.
  • KTP atau Kartu Identitas Diri.
  • Hp sebagai alat verifikasi. Hp harus memakai kartu SIM dari operator yang sudah bekerjasama dengan pihak bank BRI, seperti XL, Telkomsel, Telkom Flexi, Mobile-8, Indosat, dan Bakrie Telecom.
  • Memiliki akun email valid yang digunakan untuk menerima notifikasi email IB BRI.

Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi, selanjutnya Anda bisa melakukan cara membuat internet banking BRI di customer service. Untuk proses pendaftaran IB BRI, Anda biasanya akan diminta untuk mengisi formulir registrasi. Pastikan untuk mengisi kolom-kolom yang tersedia dengan benar, agar proses tersebut berjalan lancar. Selanjutnya Anda akan menerima m-Token dan wajib melakukan aktivasi layanan IB BRI agar bisa dimanfaatkan untuk bertransaksi perbankan.

Registrasi IB BRI Lewat ATM

Untuk mendaftarkan layanan Internet Banking BRI lewat mesin ATM, ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti di bawah ini :

  • Pertama-tama, masukkan kartu debit atau ATM BRI Anda.
  • Lalu ketikkan nomor PIN ATM BRI.
  • Selanjutnya klik menu Lainnya, dan pilih “Internet Banking”.
  • Setelah itu, Anda diminta untuk memasukkan password akun IB BRI.
  • Kemudian untuk konfirmasi, bisa ulangi password tadi.
  • Anda akan menerima User ID Internet Banking.
  • JIka sudah, Anda akan menerima struk berisi password dan user ID di akun IB BRI.

Walaupun sudah melakukan pendaftaran di ATM, namun Anda harus tetap pergi ke bank untuk melakukan aktivasi atau verifikasi, dan mendapatkan m-Token untuk pengaman tambahan.

Baca juga : 2 Cara Cek Speed Internet, Pengertian Dan Istilah Penting

Panduan Aktivasi Internet Banking BRI

Jika Anda sudah mengikuti cara membuat internet banking BRI di atas dan pendaftaran Internet Banking BRI sudah berhasil, maka langkah selanjutnya ialah harus melakukan aktivasi dengan langkah-langkah berikut :

  1. Pertama-tama buka situs web di https://ib.bri.co.id
  2. Sesudah berhasil login, Anda bisa cari menu bertuliskan “Daftar BRI Mobile” kemudian klik.
  3. Setelah itu lakukan pendaftaran berdasarkan instruksi, seperti pengisian data, kemudian konfirmasi data, dan transaksi selesai.
  4. Logout atau keluar dari akun IB BRI versi desktop.
  5. Kemudian cek inbox di ponsel Anda dari BRI berisi link untuk download layanan atau aplikasi Mobile BRI.
  6. Sesudah aplikasi BRI Mobile berhasil di download, Anda bisa buka aplikasi Mobile BRI.
  7. Di menu utama, pengguna bisa melihat berbagai pilihan menu, berupa internet banking, info BRI, T-Bank, Call BRI, dan mobile banking. TBank adalah layanan dengan memanfaatkan nomor Hp sebagai pengganti nomor rekening. Jika Anda mendaftar sebagai anggota atau member T-Bank, maka Anda dapat menikmati fitur transfer beserta transfer tunai mudah tanpa harus mempunyai rekening BRI. Adapun syarat utama dapat menikmati layanan T-Bank BRI ialah nasabah wajib memakai kartu SIM Telkomsel.
  8. Lalu, silahkan pilih layanan Internet Banking BRI jika ingin bertransaksi memakai jaringan internet.
  9. Lalu pilih aktivasi untuk Internet Banking Mobile Bank BRi.
  10. Setelah selesai, maka nasabah akan langsung menerima SMS pemberitahuan jika BRI Mobile Anda sudah aktif serta siap dipakai kapan saja untuk melakukan transaksi keuangan.

Aktivasi m-Token Untuk Internet Banking BRI

Untuk memakai layanan IB BRI secara maksimal, setelah mengikuti cara membuat internet banking BRI  berikut cara aktivasinya, maka Anda harus melakukan aktivasi m-Token BRI terlebih dahulu. Langkah ini sebagai pelengkap sekaligus pengaman yang diperlukan dalam tiap transaksi keuangan, ubah alamat email dan ubah password. Anda dapat meminta m-Token di IB BRI, sesudah registrasi m-token selesai di kantor cabang bank BRI serta melakukan aktivasi m-Token.

Pendaftaran m-Token dapat dilakukan di semua kantor cabang bank BRI dengan ikut melengkapi sekaligus menandatangani form permohonan. Melanjutkan cara membuat internet banking BRI, Anda bisa melakukan aktivasi dengan mendatangi kantor cabang BRI langsung. Jangan lupa untuk membawa serta ponsel dan buku tabungan.

Apa Saja Manfaat Memakai Internet Banking BRI?

Selain dipakai untuk bertransaksi, beberapa kegunaan atau manfaat yang dapat diperoleh dari layanan IB BRI, diantaranya :

  1. Melakukan pengecekan informasi saldo, deposito, beserta DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan).
  2. Melakukan pengecekan mutasi rekening.
  3. Mentransfer ke sesama rekening bank BRI, RTGS, dan antar bank.
  4. Membayar tagihan, seperti pembayaran kartu kredit, listrik, dan telepon.
  5. Dapat membeli pulsa maupun uang elektronik.
  6. Dapat berkomunikasi dengan pihak Customer Service bank BRI melalui inbox layanan Internet Banking.

Setiap kali melakukan transaksi, biasanya akan dikirimi SMS. Dimana pengiriman SMS tersebut akan dikenakan tarif  dengan memotong pulsa regular yang Anda miliki.

Anda harus berhati-hati saat menggunakan layanan IB BRi, ada banyak resiko yang bisa saja terjadi, khususnya resiko tindak kejahatan dari oknum-oknum tertentu yang tak bertanggung jawab. Maka dari itu, pastikan Anda hanya mengakses IB BRI di situs resminya saja dan pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan user ID dan password IB BRI Anda.

Pemakaian layanan internet banking BRi adalah pilihan paling praktis bagi kebanyakan orang. Apabila Anda tertarik menggunakan layanan ini, sebaiknya pastikan untuk mengaksesnya di smartphone atau laptop sesuai kebutuhan. Nikmati kemudahan untuk bertransaksi dengan nyaman dan aman, sehingga urusan terkait keuangan Anda dapat berjalan dengan praktis dan mudah. 

Demikian ulasan mengenai cara membuat Internet Banking BRI di kantor cabang maupun di ATM BRI!

Gambar Gravatar
Mabtekno.com adalah website yang membagikan informasi seputar teknologi yang kekinian. Mencakup seluruh informasi tentang Android, Tutorial, Tips Trik, Internet, Aplikasi, Sosial Media dan semua informasi-informasi tentang Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *