4 Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi

Diposting pada

Mabtekno – Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi adalah tips untuk mencegah memori telepon terlalu penuh. Sehingga dikhawatirkan bisa menimbulkan gangguan pada aplikasi itu sendiri atau bahkan pada perangkat keras ponsel. Terdapat beberapa cara yang bisa sobat lakukan disini.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi
Android

Memindahkan Menggunakan Aplikasi Pemindah Software

Cara yang pertama adalah memindahkan menggunakan aplikasi pemindah software. Bisa dikatakan ini merupakan trik memindahkan aplikasi ke SD card dengan cara dipaksa tetapi tidak berbahaya.

Salah satu keuntungan menggunakan cara ini ialah pengguna tidak perlu melakukan rooting pada smartphone. Sehingga kondisi android Xiaomi tetap aman dan sistemnya juga tidak terganggu.

Untuk software pemindah aplikasi sudah banyak tersedia di Play Store. Sebagian besar gratis, tapi membutuhkan akses internet untuk bisa mengaktifkannya. Jadi jika ingin memindahkan aplikasi ke SD Card, unduh saja aplikasi tersebut.

Baca juga : Cara Membuat Aplikasi Menjadi Kompatibel di Android Terbaru

Memindahkan Data Aplikasi yang Dipilih

Langkah yang kedua adalah memindahkan terlebih dahulu data dari aplikasi yang bersangkutan. Artinya sebelum perpindahan aplikasi ke SD Card dilakukan lebih baik, pindahkan dulu data-data dari software tersebut.

Sobat bisa melakukan instalasi software dari SD Card langsung. Sehingga, data-data Aplikasi akan terhubung pada kartu memori eksternal. Jika ini dilakukan, maka perpindahan aplikasi SD Card ke memori Xiaomi akan berjalan secara otomatis.

Metode ini bisa dijalankan dengan cara copy folder aplikasi yang ada di memori internal, kemudian sobat bisa paste di memori eksternal. Akan tetapi, umumnya proses semacam ini rawan mengalami kegagalan.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi dengan Melakukan Rooting Perangkat

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi yang ketiga ialah melakukan rooting smartphone. Cara ini cukup ampuh, tetapi tidak dianjurkan. Hal ini karena efek bahayanya jauh lebih besar. Bahkan dengan rooting, otomatis garansi perangkat dibatalkan.

Rooting sendiri adalah satu aktivitas pengguna agar mendapatkan akses untuk mengatur sistem smartphone sesuai keinginan. Jika memang memahami konsep OS mungkin tidak menjadi soal. Tapi, kalau hanya asal men-setting, tentu perangkat bisa rusak. Selain itu, melakukan proses rooting juga menyebabkan sistem menjadi rancu yang berefek pada kinerja hardware dan software menjadi tidak normal.

Baca juga : Cara Melihat Aplikasi yang Sedang Berjalan di Windows 7

Memindahkan Menggunakan File Manager

Cara yang terakhir adalah memindahkan aplikasi ke memori eksternal dengan menggunakan fitur File Manager. Ini merupakan trik termudah dan tutorial-nya jauh lebih simpel dibandingkan cara sebelumnya. Ini cara yang dimaksud :

  • Klik File Manager pada ponsel
  • Cari aplikasi yang akan dipindah
  • Tekan Aplikasi tersebut jangan dilepas
  • Klik tool ‘Pindah’
  • Pilih fitur ‘Pindah Ke Kartu SD’
  • Tekan ‘Tempel’
  • Done

Jika cara di atas dicoba, maka otomatis aplikasi yang awalnya ada di memori internal akan berpindah ke memori eksternal. Artinya dengan adanya cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi, tentunya kapasitas memori internal jauh lebih ringan.

Gambar Gravatar
Mabtekno.com adalah website yang membagikan informasi seputar teknologi yang kekinian. Mencakup seluruh informasi tentang Android, Tutorial, Tips Trik, Internet, Aplikasi, Sosial Media dan semua informasi-informasi tentang Teknologi.