Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Root Explorer Mudah

Diposting pada

Cara menghapus aplikasi bawaan Android – Ketika sobat membeli smartphone baru, pasti ada aplikasi bawaan yang sudah terdapat dalam smartphone tersebut. Aplikasi tersebut biasanya terkunci di sistem sehingga tidak dapat dihapus dengan cara menghapus biasa. Sayangnya, tidak semua aplikasi bawaan terpakai, sehingga seringkali hanya membuat memori penuh. Ulasan berikut ini akan membahas mengenai cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan Root Explorer.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android menggunakan Root Explorer

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Sebenarnya setiap smartphone Android memiliki cara masing-masing untuk rooting. Cara tersebut bergantung pada versi OS Android yang terpasang dan merk smartphone. Namun secara garis besar, cara untuk menghapus aplikasi bawaan menggunakan root explorer ada di bawah ini.

Langkah pertama, sobat harus mengunduh dahulu aplikasi Root Explorer. Tenang, aplikasi tersebut bisa sobat unduh dari Google Play secara gratis. Setelah diunduh, aplikasi tentunya akan terpasang secara otomatis di ponsel sobat. Setelah aplikasi Root Explorer terpasang, jalankan aplikasi tersebut dan klik menu Root System App.

Langkah berikutnya adalah memilih aplikasi yang ingin sobat hapus. Tanda yang diberikan berupa ceklis pada aplikasi. Setelah itu klik ikon kotak sampah untuk melakukan proses menghapus. Proses telah selesai. Namun yang perlu diingat, ponsel sobat sudah harus di-root terlebih dahulu sebelum melakukan langkah-langkah di atas.

Menghapus Aplikasi Bagian Tanpa Root Explorer

Dari uraian di atas sobat sudah mengetahui cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan Root Explorer. Lalu bisakah menghapus aplikasi bawaan tanpa menggunakan Root Explorer? Jawabannya adalah bisa. Namun proses ini hanya bisa dilakukan di beberapa aplikasi bawaan yang tidak terkunci. Ada dua cara yang bisa sobat lakukan, selengkapnya di bawah ini.

Melakukan uninstall secara langsung

Masuk dulu ke menu Pengaturan/Settings/Setelan, lalu klik pilihan Aplikasi. Pilih atau klik aplikasi yang ingin sobat hilangkan dengan cara klik pilihan Uninstall. Cara lainnya, tekan lama aplikasi tersebut lalu lepaskan sampai muncul beberapa opsi. Pilih opsi Uninstall Aplikasi. Mudah bukan?

Baca juga : Cara Mengganti Icon Aplikasi PC Mudah

Membuat status aplikasi Disable

Untuk beberapa aplikasi yang terkunci, sobat memang harus melakukan rooting HP saat ingin menghapus aplikasi bawaan. Akan tetapi, sobat juga masih bisa menggunakan alternatif lain, yaitu membuat aplikasi bawaan menjadi disable atau non-aktif. Hal ini akan membuat aplikasi bawaan menghilang dari layar menu, tapi masih ada di memori internal.

Langkah-langkah untuk membuat aplikasi bawaan menjadi disable juga tidak sulit. Pertama, tentu sobat harus ke menu Pengaturan terlebih dahulu. Klik submenu Aplikasi, kemudian cari dan pilih aplikasi yang akan dibuat non-aktif. Kalau sudah, sobat tinggal tekan tombol Disable. Lalu aplikasi pun akan menghilang dari layar smartphone sobat.


Sudah jelas kan sekarang bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan Root Explorer? Ternyata tidak sulit ya.

Gambar Gravatar
Mabtekno.com adalah website yang membagikan informasi seputar teknologi yang kekinian. Mencakup seluruh informasi tentang Android, Tutorial, Tips Trik, Internet, Aplikasi, Sosial Media dan semua informasi-informasi tentang Teknologi.