3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung Lengkap

Diposting pada

Mabtekno – Kalau sobat merupakan pengguna Samsung, tentu sobat akan tahu bahwa smartphone dari Samsung dibekali aplikasi bawaan tertentu. Aplikasi tersebut sebenarnya untuk menambahkan fitur spesifik ke smartphone, namun seringkali justru tidak digunakan. Untuk sobat pengguna smartphone Samsung, ketahui cara menghapus aplikasi bawaan Samsung di ulasan ini.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dari Samsung

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

Ada beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut. Selengkapnya diuraikan di bawah ini.

Membuat aplikasi menjadi disable

Cara pertama, sobat bisa membuat aplikasi bawaan menjadi disable atau non-aktif. Cara ini memang tidak secara langsung menghapus aplikasi, tetapi aplikasi bawaan tidak akan lagi menghabiskan memori RAM. Selain itu, aplikasi tersebut juga tidak akan terbaharui dan akan hilang dari layar.

Langkah-langkah untuk membuat aplikasi bawaan menjadi disable cukup mudah. Pertama, tentu sobat harus masuk ke Pengaturan terlebih dahulu. Klik submenu Aplikasi, kemudian cari dan pilih aplikasi yang akan dibuat nonaktif. Kalau sudah, tinggal tekan pilihan ‘Disable’. Lalu aplikasi pun akan menghilang dari layar smartphone.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung dengan Menggunakan Link2SD

Cara kedua yang bisa sobat gunakan adalah meminta bantuan aplikasi Link2SD untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak diinginkan. Akan tetapi diperlukan akses root sebelum melakukan proses menghapus.

Kalau ponsel sudah memiliki akses root dam aplikasi sudah terpasang, langsung saja masuk ke Pengaturan. Cari aplikasi yang mau dihapus, kemudian klik titik tiga yang berada di kanan atas. Selanjutnya tinggal klik hapus, dan selesai.

Baca juga : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Root Explorer

Mengaktifkan USB Debugging

Cara menghapus aplikasi bawaan Samsung berikutnya adalah dengan mengaktifkan USB debugging. Akan tetapi cara ini harus dilakukan dengan berhati-hati, karena kesalahan bisa membuat sistem android menjadi terganggu.

Untuk melakukannya, sobat masuk dulu ke Pengaturan kemudian klik pilihan Tentang Perangkat. Ketuk 7 kali nomor versi perangkat sampai muncul selamat anda telah menjadi pengembang. Kemudian mundur ke Pengaturan Awal dan klik pilihan Pengembang.

Kalau sudah, lakukan Switch to Enable pada bagian Aktif. Gulir layar sampai menemukan Switch to Enable pada pilihan debugging USB. Jika berhasil, mode ini bisa sobat aktifkan untuk menghapus aplikasi bawaan.

Meski demikian, cara mendebug USB bisa berbeda pada setiap smartphone. Daripada ada kesalahan yang menimbulkan sistem terganggu, cara ini sebenarnya tidak terlalu dianjurkan.

Haruskah Melakukan Akses Root?

Penghapusan aplikasi sebenarnya akan lebih mudah dilakukan kalau smartphone sobat sudah memiliki akses root. Sebenarnya tidak sulit untuk melakukan root pada smartphone Samsung, sayangnya akses ini bisa memberikan efek negatif ke ponsel sobat. Misalnya saat terjadi kerusakan, baik pada hardware maupun software, maka perbaikan tidak bisa dilakukan di Samsung Center.

Selain itu, membuka akses root bisa membuat ponsel jadi lebih rentan terhadap virus dan gangguan keamanan lainnya. Meski cara menghapus aplikasi bawaan Samsung di atas tampak mudah, sebaiknya tidak menghapus aplikasi bawaan kalau sobat tidak benar-benar paham. Kesalahan proses bisa mengakibatkan gangguan pada sistem hingga terjadi bootloop.

Gambar Gravatar
Mabtekno.com adalah website yang membagikan informasi seputar teknologi yang kekinian. Mencakup seluruh informasi tentang Android, Tutorial, Tips Trik, Internet, Aplikasi, Sosial Media dan semua informasi-informasi tentang Teknologi.