Cara Mengunci Aplikasi di Laptop

Bagaimana Cara Mengunci Aplikasi di Laptop?

Diposting pada

Mabtekno – Setiap kali sobat mengunduh aplikasi di laptop, aplikasi tersebut pasti dalam keadaan belum terkunci. Penguncian pada laptop biasanya hanya diberikan di depan, ketika akan memasuki layar monitor. Namun ada kalanya sobat juga butuh mengunci beberapa aplikasi di laptop. Untuk mengetahui cara mengunci aplikasi di laptop, bisa baca di sini ya.

Mengunci Aplikasi dengan Exe Lock

Salah satu aplikasi yang bisa sobat pakai untuk mengunci berbagai program/aplikasi di laptop adalah Exe Lock. Simak caranya di bawah ini.

  • Lakukan pengunduhan dan pemasangan aplikasi Exe Lock, kemudian jalankan.
  • Cari aplikasi yang mau sobat kunci. Kalau sudah, pilih aplikasi itu dengan klik Select.
  • Setelah itu cari di mana lokasi file exe berada. Biasanya file ini berada di Windows (C:).
  • Tuliskan kata sandi yang sobat inginkan, kemudian klik Lock. Akan tetapi pastikan program yang mau dikunci itu sudah ditutup sebelum tombol Lock diklik.

Proses penguncian menggunakan Exe Lock sudah selesai. Kalau sobat mau membuka kembali program yang dikunci, tinggal akses ke Exe Lock, kemudian klik Unlock.

Aplikasi Lain untuk Mengunci Aplikasi di Laptop

Cara Mengunci Aplikasi di Laptop

Ternyata tidak sulit ya cara mengunci aplikasi di laptop dengan Exe Lock. Selain menggunakan Exe Lock, sobat juga bisa menggunakan beberapa pilihan aplikasi di bawah ini untuk mengunci program di laptop.

Smart PC Locker Pro

Aplikasi pengunci satu ini bisa diakses gratis dan tentunya penggunaannya praktis. Namun Smart PC Locker Pro hanya tersedia untuk Windows. Karena berfungsi untuk mengunci program tertentu, maka aplikasi ini memiliki kategori aplikasi keamanan. Subkategorinya adalah Blocker and Access Control.

Baca juga : Cara Menghilangkan Subtitle Bawaan di Laptop tanpa Aplikasi

Password Door

Selain bisa melindungi akses terhadap program yang sudah terpasang di laptop, Password Door juga bisa mengamankan jenis dan tools Windows lainnya. Untuk mengunci file dengan aplikasi ini, sobat perlu membuat kata sandi default. Semua program yang mau sobat proteksi akan menggunakan kata sandi itu. Untuk membedakan kata sandi satu program dengan yang lain, sobat hanya perlu melakukan konfigurasi password.

Empathy

Kalau sobat mau melindungi melindungi file yang memilii ekstensi .exe (executable), sobat bisa menggunakan aplikasi Empathy. Salah satu kelebihan Empathy adalah perlindungan akan tetap diberikan pada file tersebut meski sudah berpindah. Misalnya berpindah dari OS Windows 7 ke OS Windows 10. Yang terpenting, sobat tidak melupakan kata sandi yang pernah sobat buat ya.

Smart-X AppLocker

Selanjutnya ada Smart-X Applocker untuk mengunci program atau file lain di laptop. Kerennya, aplikasi ini bahkan bisa memberikan proteksi pada workstation maupun server terminal yang sobat miliki. Beberapa file mencurigakan juga bisa ditolak oleh Smart-X Applocker, sehingga laptop sobat lebih terlindungi.

Sampai sini ulasan mengenai cara mengunci aplikasi di laptop. Sobat bisa mencoba aplikasi pengunci itu di rumah ya.

Gambar Gravatar
Mabtekno.com adalah website yang membagikan informasi seputar teknologi yang kekinian. Mencakup seluruh informasi tentang Android, Tutorial, Tips Trik, Internet, Aplikasi, Sosial Media dan semua informasi-informasi tentang Teknologi.