Cara Setting DVR H.264 ke Internet

3 Cara Setting DVR H.264 ke Internet Lengkap

Diposting pada

Cara Setting DVR H.264 ke Internet – Saat ini, penggunaan kamera CCTV yang menggunakan sistem DVR standalone sebagai sebuah sistem keamanan semakin banyak digemari karena memiliki keuntungan tersendiri. Bukan hanya sekadar merekam secara langsung tanpa menggunakan perangkat PC/Laptop, tapi hanya dengan bantuan gadget atau perangkat mobile, Anda sudah bisa melihat secara langsung hasil video kamera CCTV secara live.

Cara Setting DVR H.264 ke Internet

Pada dasarnya, DVR H.264 adalah salah satu contoh DVR system standalone yang jika digunakan dan disambungkan melalui akses internet, maka Anda bisa mengaksesnya secara langsung. Dengan demikian, hasil rekaman bisa terlihat di dalam gadget Anda di mana pun dan kapan pun.

Definisi analog DVR H.264

Berdasarkan definisinya, analog DVR atau Digital Video Recorder merupakan suatu perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpan rekaman video CCTV berkualitas tinggi. Sistem penyimpanan ini akan berlangsung terus-menerus, tidak peduli berapa pun durasinya, tergantung pada ukuran hardisk yang digunakan.

Perlu Anda ketahui, DVR yang telah memiliki fitur multiplexing sangat memungkinkan untuk dilakukan monitoring dan perekaman menggunakan split screen secara simultan. Dengan demikian, DVR yang dihubungkan dengan jaringan internet bisa dilihat dari jarak jauh dan backup-nya pun tergolong mudah dilakukan.

Perangkat ini memiliki fitur pencari pada remote kontrol yang sengaja dibuat untuk memudahkan Anda sebagai pengguna. Untuk keperluan menyimpan dan backup data, tersedia port USB untuk CD/DVD rewriters sehingga Anda tak perlu repot lagi menyiapkannya.

Di samping itu, DVR juga mampu menyimpan rekaman video dalam format kompresi berkualitas tinggi yaitu, HD resolution terbaru, seperti H.264. Perangkat ini sangat memungkinkan Anda untuk melakukan penyimpanan dalam ruang hardisk yang terbatas.

DVR benar-benar telah berevolusi menjadi perangkat yang kaya fitur dengan layanan yang melebihi fitur pada perangkat perekam biasa. Sistem DVR CCTV bahkan menyediakan banyak fungsi, termasuk pencarian video berdasarkan waktu, tanggal, hingga kamera dan event-nya.

Dalam beberapa sistem keamanan DVR juga bisa diakses secara jarak jauh dengan cara menghubungkannya ke jaringan internet. Beberapa video digital recorder profesional terbaru juga memiliki firmware yang mampu menganalisis video. Fitur ini mampu mengaktifkan beberapa fungsi seperti virtual tripwire atau mendeteksi objek yang ditinggalkan di lokasi pemantauan.

Baca juga : 8 Cara Cek No Internet Indihome Terbaru

Jenis-jenis DVR analog yang ada di pasaran

Adapun jenis-jenis DVR analog antara lain :

DVR 4 channel

Sesuai dengan namanya, DVR 4 channel merupakan jenis DVR yang hanya memiliki 4 saluran video sehingga menjadikannya cocok untuk rumah, toko, gudang atau kantor berskala kecil. Apabila Anda memiliki budget terbatas, maka DVR satu ini bisa Anda jadikan pilihan tepat dengan fitur yang cukup memadai.

Salah satunya adalah remote kontrol yang memudahkan penggunaan, port USB untuk melakukan backup data dan format H.264 dengan format kompresi tinggi sekaligus terbaru untuk menghemat kapasitas media penyimpanan rekaman CCTV Anda.

Analog DVR 8 channel

Jenis DVR analog satu ini memiliki 8 saluran video yang cocok untuk digunakan di area perumahan, bisnis ritel, dan komersial skala menengah. Fitur yang disediakan nyaris serupa dengan DVR 4 channel. Mulai dari remote kontrol untuk penggunaan jarak jauh, CD/DVD rewriters dan port USB untuk memungkinkan Anda melakukan backup data, dan format kompresi H.264.

Analog DVR 16 channel

Dan yang terakhir adalah DVR analog 16 channel yang dikenal sebagai jenis digital video recorder terbaik. DVR analog satu ini mampu menghubungkan hingga 16 kamera CCTV analog yang cocok digunakan untuk rumah berukuran luas, gudang, perkantoran, pabrik, pusat perbelanjaan, dan tempat umum lainnya.

Cara Setting DVR H.264 ke Internet paling mudah untuk para pemula

Sebenarnya, cara setting DVR H.264 ini tidaklah sulit jika Anda melakukannya sesuai dengan langkah-langkah yang benar, seperti berikut ini :

  • Langkah pertama adalah menyambungkan DVR yang Anda miliki dengan router. Kemudian, Anda harus melakukan pengaturan pada DNS, Port, Gateway, dan Netmask. Caranya mudah saja, Anda harus masuk ke dalam DVR menu, lalu pilih advance config dan langsung menuju networks.
  • Anda bisa mengatur Gateway dengan menggunakan 192.168.1.2 atau 192.168.1.255. Sementara itu untuk Sub Netmask berisi kode 255.255.0 dengan port 80 yang sudah menjadi port standar. Namun, Anda bisa menggantinya sesuai keinginan.
  • Periksa sekali lagi apakah DVR sudah terhubung dengan komputer/PC/Laptop. Kemudian, ketik IP Address DVR melalui browser. Gunakan alamat http://192.168.1.10:80 dengan port standar. Setelah Anda berhasil masuk ke dalam alamat tersebut, maka akan muncul tampilan suatu kotak yang memungkinkan Anda login. Selanjutnya, Anda harus masuk pada sistem IP Address.
  • Jika Anda sudah berhasil login, maka selanjutnya pilih menu advanced setup, lalu klik NAT pada PVC4. Apabila tidak bisa atau tidak berfungsi, maka pilih PVC3, PVC2, atau PVC1. Kemudian, pilih menu virtual server dan isi seluruh kolom yang tersedia. Contohnya seperti berikut ini ;
  • Protocol: All
  • Rule index: 1
  • Port number: 80
  • Local IP address: 192.168.1.10
  • End port number: 80

Cara mendaftar pada DynDNS

Untuk mendaftar pada DynDNS cukup mudah. Anda hanya perlu membuka browser, kemudian ketik address dyndns.com, lalu klik login. Setelah itu, Anda harus mengisi seluruh kolom yang diwajibkan pada kotak isian. Gunakan alamat email yang masih aktif sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi. Pada intinya, Anda diharuskan menjalani setiap langkah yang ada sampai selesai dan sesuai ketentuan.

Langkah berikutnya adalah membuka kotak masuk dan pesan email yang sesuai data yang Anda berikan tadi. Lakukan aktivasi link pada pesan email tersebut atau Anda bisa menyalin link yang diberikan ke dalam kolom pencarian browser.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah add host service dan memilih hostname. Silakan pilih CCTV dan lanjutkan dengan add to cart, lalu klik next, dan klik activate service untuk menyelesaikan proses tersebut.

Anda diharuskan melakukan sejumlah pengaturan DynDNS untuk perangkat komputer/PC/Laptop dengan login DVR Avtech, lalu masukkan data username dan password yang telah Anda buat sebelumnya. Jangan lupa juga untuk mengisi kolom kode verifikasi.

Langkah selanjutnya adalah mengatur konfigurasi pengaturan yang dibutuhkan untuk DVR internet melalui isian kolom kosong, berdasarkan data DynDNS tersebut. Silakan Anda memilih enable pada DDNS, kemudian pada system name pilih DynDNS. Isi kolom data username, password, dan juga hostname sesuai data pada dydns.com.

Setelah melakukan semua langkah di atas dan mengisi data-data yang dibutuhkan, Anda sudah bisa mengakses live video melalui jaringan internet yang tersedia. Masukkan saja hostname sesuai data pada DynDNS, kemudian login. Dengan melakukan ini, maka kamera Anda sudah bisa digunakan untuk melihat secara jarak jauh. Anda tak perlu lagi terikat pada tempat-tempat tertentu, cukup menggunakan gadget atau smartphone yang dimiliki.

Demikian ulasan mengenai cara setting DVR H.264 ke internet dengan menggunakan media DynDNS. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk Anda.

Gambar Gravatar
Mabtekno.com adalah website yang membagikan informasi seputar teknologi yang kekinian. Mencakup seluruh informasi tentang Android, Tutorial, Tips Trik, Internet, Aplikasi, Sosial Media dan semua informasi-informasi tentang Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *