Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7

Diposting pada

Mabtekno – Cara uninstall aplikasi di laptop windows 7 sering dibutuhkan untuk membuang aplikasi yang tidak berguna. Terlebih jika aplikasi hanya membebani dan memenuhi ruang penyimpanan. Umumnya, laptop dengan ruang penyimpanan yang semakin penuh akan memiliki kinerja lambat. Akibatnya, laptop menjadi lemot, eror, tidak bisa update aplikasi penting, dan kurang produktif bekerja.

Bahkan, uninstall aplikasi juga memberikan manfaat dengan memperpanjang kondisi laptop. Sebab, uninstall aplikasi berarti sobat membuang file-file sampah sehingga laptop menjadi lebih clean. Dengan demikian ruang penyimpanan menjadi longgar untuk kinerja laptop lebih cepat dan peringatan Low Disk Space tidak akan sering muncul.

Sobat sudah penasaran untuk mengetahui cara uninstall aplikasi di laptop windows 7? Berikut ini ada 4 tahap yang dapat digunakan untuk melakukannya.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7

Beberapa aplikasi memang bisa mengganggu sehingga perlu disingkirkan dengan cara uninstall aplikasi. Cara ini sangat mudah dilakukan. Bahkan cara ini bisa dijalankan dengan cepat sesuai keinginan. Sobat hanya perlu memanfaatkan fitur bawaan pada laptop atau memilih adanya bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Untuk itu, berikut 4 tahap yang bisa dipilih.

Memanfaatkan fitur bawaan windows 7

Menghapus atau uninstall aplikasi dapat dilakukan melalui menu Control Panel. Sobat bisa menemukan menu tersebut dengan mengklik tombol Start. Kemudian mencari menu Control Panel pada kotak dialognya. Setelah itu, memilih menu Programs lalu Programs and Features. Pada pilihan Programs and Features telah tersedia banyak aplikasi untuk selanjutnya dipilih dan uninstall.

Baca juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC

Menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga dari CCleaner

Cara uninstall aplikasi di laptop windows 7 menggunakan bantuan aplikasi ketiga dari CCleaner. CCleaner merupakan aplikasi dengan fungsi memelihara laptop yang bisa diunduh dan dipasang gratis. CCleaner cukup populer karena penggunaannya sangatlah mudah. Setelah mengunduh dan memasang CCleaner, sobat bisa menjalankannya lalu memilih Tools Uninstall pada aplikasi yang akan dibuang.

Memanfaatkan fitur shortcut dari aplikasi

Tahap lain untuk uninstall aplikasi yakni memanfaatkan fitur shortcut dari aplikasi. Umumnya, software aplikasi banyak dilengkapi dengan shortcut untuk uninstall. Sobat bisa menemukan shortcut untuk uninstall tersebut di menu Start Menu. Selanjutnya, sobat bisa memilih folder aplikasi yang ingin dihapus. Setelah itu, folder menampilkan shortcut untuk membuka dan uninstall aplikasi.

Menemukan aplikasi dari drive C di laptop

Tahap terakhir ini mungkin menjadi tahap yang cukup sulit untuk digunakan. Lantaran sobat perlu mengetahui terlebih dahulu lokasi file uninstall dari software aplikasi yang ingin dihapus. Caranya dengan membuka menu Windows Explorer. Kemudian memilih drive C yang menjadi lokasi penyimpanan file uninstall. Setelah menemukannya, sobat bisa langsung mengklik menu uninstall.

Cara uninstall aplikasi di laptop windows 7 bisa dilakukan dengan 4 tahap. Sobat bisa memilih salah satu tahap yang paling mudah atau sesuai dengan kondisi. Tentu saja, ini akan membantu sobat lebih produktif dan kembali menyelesaikan pekerjaan di laptop. Jangan khawatir, karena 4 tahap di atas sangat aman dilakukan.

Gambar Gravatar
Mabtekno.com adalah website yang membagikan informasi seputar teknologi yang kekinian. Mencakup seluruh informasi tentang Android, Tutorial, Tips Trik, Internet, Aplikasi, Sosial Media dan semua informasi-informasi tentang Teknologi.